UJI EFEK PROTEKSI MUKOSA LAMBUNG LARUTAN PATI KANJI PADA TIKUS WISTAR TERINDUKSI ASETOSAL

Main Article Content

Ismi Puspitasari
Meta Kartika Untari

Abstract

Tukak lambung adalah penyakit yang ditandai dengan luka karena terkikisnya lapisan mukosa lambung akibat pengaruh peningkatan kadar asam lambung dan enzim pepsin yang disekresikan. Salah satu obat herbal yang dimiliki oleh Indonesia dan digunakan secara empiris untuk terapi tukak lambung adalah umbi singkong (Manihot utilissima Pohl.). Penelitian terhadap umbi singkong tersebut dilakukan dengan mengolahnya menjadi pati atau tepung yang oleh masyarakat dikenal dengan istilah pati kanji atau tapioka.


Pada pengujian efek proteksi mukosa lambung digunakan sebanyak 25 ekor tikus secara acak yang dibagi dalam 5 kelompok. Kelompok I sebagai kontrol negatif diberikan CMC 0,5%, kelompok II sebagai kontrol positif diberikan sukralfat 500 mg/kgBB, dan kelompok III-V diberikan larutan pati kanji dengan konsentrasi berturut-turut 12,5%, 25% dan 50%. Sebelum perlakuan, semua kelompok dipuasakan 24 jam dan diberikan minum secara ad libitum. Pengujian efek proteksi mukosa lambung diawali dengan memberikan sediaan uji pada masing-masing kelompok uji. Setelah 30 menit pemberian sediaan uji, dilakukan induksi tukak dengan asetosal dosis 200 mg/kg BB tikus pada semua kelompok hewan uji. Semua perlakuan diberikan secara oral dan diulang setiap 24 jam selama 7 hari. Pada hari ke-7, tikus dipuasakan selama 18 jam dan pada hari ke-8, tikus dikorbankan dengan cara dislokasi leher kemudian dilakukan pembedahan untuk diamati keadaan makroskopis organ lambungnya, histopatologi dan analisa data.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan pati kanji konsentrasi 12,5%, 25% dan 50% memberikan efek proteksi mukosa lambung pada tikus Wistar terinduksi asetosal. Konsentrasi efektifnya adalah 50% namun berdasarkan analisa statistik, tidak terdapat perbedaan yang nyata antara kelompok kontrol positif sukralfat dan larutan pati kanji konsentrasi 12,5%, 25% dan 50%.

Article Details

How to Cite
Ismi Puspitasari, & Meta Kartika Untari. (2020). UJI EFEK PROTEKSI MUKOSA LAMBUNG LARUTAN PATI KANJI PADA TIKUS WISTAR TERINDUKSI ASETOSAL . Jurnal Farmasi & Sains Indonesia, 3(2), 12-21. Retrieved from https://journal.stifera.ac.id/index.php/jfsi/article/view/50
Section
Articles